Sebuah Respon atas Kota Untuk Manusia dari JALAN PULANG

artworks-di-kota-ini-tak-ada-kamu-lagi-Jalan-pulang
Artwork by Timoteus A. Kusno (Studio Mahati)

Jalan Pulang, sebuah group musik pop ballads asal Yogyakarta bekerja sama dengan sebuah komunitas Kota Untuk Manusia, menelurkan sebuah lagu terbaru mereka berjudul Di Kota Ini Tak Ada Kamu Lagi yang dapat diunduh secara gratis pada akun Soundcloud mereka.  Lyrical Work yang ditulis sendiri oleh vokalis Jalan Pulang, Irfan R Drajat ini mampu membentuk gagasan utuh atas kepeduliannya sekaligus kegelisahannya terhadap kota yang selama ini telah menjadi habitat mereka dalam bereksplorasi membangun identitas atas karya yang diciptakannya. Terlebih, perpaduan dari lirik yang kuat dengan aransemen pop ballads khas Jalan Pulang membawa kita untuk berefleksi atas konsep ‘rumah’ yang saat ini beranjak pudar dari realitasnya. Pada lagu tersebut juga dibuat sebuah artwork yang digarap oleh Timoteus A. Kusno (Studio Mahati) yang tetap menampilkan satu gagasan yang utuh dengan lagu tersebut.

Di Kota Ini Tak Ada Kamu Lagi merupakan satu bentuk respon mereka terhadap polemik permasalahan perkotaan di Yogyakarta saat ini  dan mungkin juga di kota-kota lainnya yang mulai mengalami pergeseran. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor, pembangunan dan komersialisasi ruang kota, serta berimbas akhirnya pada penurunan kesadaran publik akan kota dan kemanusiaannya merupakan Isu-isu kota yang kini mulai menjadi perhatian dari sejumlah masyarakat dan komunitas yang hidup di Yogyakarta.

This slideshow requires JavaScript.

Jalan Pulang bersama dengan kelompok gerakan masyarakat, Kota Untuk Manusia, mencoba membentuk  langkah yang paling mendasar atas problematika kota, yaitu dengan cara pembentukan kesadaran kolektif tentang pentingnya kemanusiaan dalam berkota. Sehingga diharapkan sebagai individu yang sadar, mampu membangun kemanusiaan di kota dalam kapasitasnya masing-masing, serta mampu menginspirasi pengambil kebijakan untuk menomorsatukan kemanusiaan dalam menentukan keputusan, dalam konteks ini adalah kota.

Jalan Pulang sendiri bisa dikatakan group musik pendatang baru yang terbentuk pada tahun 2010. BeranggotakanIrfan R. Darajat, M. Dwiki Prastianto, Margi Ariyanti, Damar N. Sosodoro, dan Indra Agung Hanifah, Jalan Pulang menawarkan karya-karya musik yang menyegarkan melalui gagasan kuat yang mengawinkan puisi dan musik, namun bukan dalam bentuk musikalisasi puisi, melainkan cenderung menampilkan komposisi harmonis dari sisi puitik musik dengan syair yang sederhana. Pada tahun 2012 lagu mereka berjudul Percakapan Tangis masuk dalam Kompilasi Album Musik Tradisi Baru 2012 setelah mengikuti Festival Musik Tembi 2012 yang berlangsung di Tembi Rumah Budaya, Yogyakarta. Saat ini Jalan Pulang sedang sibuk menyelesaikan album perdana mereka yang disinyalir akan launching pada akhir tahun ini. Untuk menikmati beberapa karya musik dari Jalan Pulang, kalian dapat mendengarkannya di akun Soundcloud mereka disini.

*Artikel ini ditampilkan juga di sebuah webzine musik Indonesia, Deathrockstar.info

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s